Mengenal Ani Natalia Pinem, Kasubdit Humas Direktorat Jenderal Pajak
Ani Natalia Pinem atau akrab dikenal dengan Ani Pinem merupakan
perempuan berdarah batak yang lahir di Medan, 25 Desember 1974. Ia merupakan lulusan STAN Jurusan Pajak tahun 1995. Ana Pinem saat ini menjabat
sebagai Kepala
Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan. Dan ia pernah dinobatkan
sebagai Insan Public Relations Indonesia kategori Kepala Bagian Humas di
Semarang pada tahun 2017 silam.
Perjalanan Ani Pinem di dunia
Public Relations bermula ketika ia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan
kuliah S2 nya di Jepang tepatnya dikota Yokohama. Saat pertama balik ke
Indonesia, pada tahun 2007 ia bekerja di Direktorat Penyuluhan Pelayanan dan
Humas (P2Humas). Sembari bekerja saat itu ia juga terpilih sebagai peserta yang mendapatkan pelatihan dan studi banding public relations selama tiga bulan lamanya.
Bak sudah ditakdirkan dengan
Public Relations, pada tahun 2013 Ani Pinem dipromosikan sebagai Kepala Bidang
P2Humas Kanwil DJP di Jakarta Pusat. Setelah kurang lebih dua tahun lamanya,
Ani Pinem diminta menjadi Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan
di kantor pusat, dan hingga saat ini.
Dunia public relations digeluti
Ani Pinem karena ia merasa bahwa public relations sudah menjadi bagian dari
hidupnya. Sebab ia memang merupakan tipe orang yang suka bergaul dan senang
menjalin hubungan baik dengan banyak orang. Perjalanan Ani Pinem di dunia
public relations juga mendapatkan restu serta dukungan penuh dari keluarganya.
Personal Branding Ani Pinem sebagai Public Relations melalui Social Media Instagram
Bagi Ani Pinem sebagai
seorang yang berkecimpung di dunia public relations tentunya harus mempunyai
kemampuan berkomunikasi dengan baik, mudah bergaul dengan orang lain, serta
memiliki social skill. Kemampuan tersebutlah yang dimiliki oleh Ani Pinem. Hal
tersebut dapat kita lihat dari keseharian Ani Pinem melalui salah satu laman social
medianya yaitu Instagram.
Akun instagram dengan username
(@aninatalia74) milik Ani Pinem tersebut memiliki cukup banyak followers yaitu
12,9rb followers. Ani Pinem menggunakan akun instagramnya sebagai wadah untuk
personal branding dirinya sebagai seorang public relations. Pada laman bio
instagramnya juga dicantumkan beberapa hal yang ia geluti seperti pekerjaan
serta pembicara aktif pada sebuah assosiasi Wanita Indonesia yaitu (@srikandi_mixmarriage)
Ani Pinem juga aktif
membagikan aktivitas kesehariannya pada akun instagram tersebut, baik itu
pada feeds ataupun instagram story. Hal tersebut juga terlihat dari jumlah postingan instagramnya yaitu 1.636 postingan yang berisi berbagai kegiatan sehari-hari yang ia
bagikan.
Ibu dari tiga orang anak
ini juga aktif membagikan cerita kesehariannya bersama keluarga tercinta, Bersama
suami, anak, keluarga besar, serta bersama teman-temannya. Dan salah satu
saudara kandung Ani Pinem juga merupakan aktris ternama Indonesia yaitu Ana
Pinem.
Ani Pinem juga aktif mengikuti
berbagai acara, dan ia juga sering menjadi pembicara sebuah seminar. Hal
tersebut terlihat dari banyaknya postingan berbagai poster acara yang ia ikuti.
Ani Pinem benar-benar menjadikan social media Instagram sebagai tempat untuk ia
mengekspresikan diri serta mem-branding dirinya sebagai seorang Public Relations.
Nah, menurut saya
sebagai penulis, sudah sebaiknya kita berkaca dari cara kak Ani Pinem ini dalam
memanfaatkan social medianya sebagai tempat untuk personal branding. Karena
membangun personal branding tersebut sangat bermanfaat apalagi untuk menambah
relasi yang lebih luas. Terutama bagi kalian yang berkecimpung di dunia Public
Relations sudah seharusnya memiliki relasi yang luas dengan memanfaatkan kemajuan
teknologi saat ini, yaitu social media.
Penulis : Berliana Agesti (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)
Komentar
Posting Komentar