Mengenal Ani Natalia Pinem, Kasubdit Humas Direktorat Jenderal Pajak


Ani Natalia Pinem atau akrab dikenal dengan Ani Pinem merupakan perempuan berdarah batak yang lahir di Medan, 25 Desember 1974. Ia merupakan lulusan STAN Jurusan Pajak tahun 1995.  Ana Pinem saat ini menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan. Dan ia pernah dinobatkan sebagai Insan Public Relations Indonesia kategori Kepala Bagian Humas di Semarang pada tahun 2017 silam.

Perjalanan Ani Pinem di dunia Public Relations bermula ketika ia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan kuliah S2 nya di Jepang tepatnya dikota Yokohama. Saat pertama balik ke Indonesia, pada tahun 2007 ia bekerja di Direktorat Penyuluhan Pelayanan dan Humas (P2Humas). Sembari bekerja saat itu ia juga terpilih sebagai peserta yang mendapatkan pelatihan dan studi banding public relations selama tiga bulan lamanya.

Bak sudah ditakdirkan dengan Public Relations, pada tahun 2013 Ani Pinem dipromosikan sebagai Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP di Jakarta Pusat. Setelah kurang lebih dua tahun lamanya, Ani Pinem diminta menjadi Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan di kantor pusat, dan hingga saat ini.

Dunia public relations digeluti Ani Pinem karena ia merasa bahwa public relations sudah menjadi bagian dari hidupnya. Sebab ia memang merupakan tipe orang yang suka bergaul dan senang menjalin hubungan baik dengan banyak orang. Perjalanan Ani Pinem di dunia public relations juga mendapatkan restu serta dukungan penuh dari keluarganya.

Personal Branding Ani Pinem sebagai Public Relations melalui Social Media Instagram

Bagi Ani Pinem sebagai seorang yang berkecimpung di dunia public relations tentunya harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, mudah bergaul dengan orang lain, serta memiliki social skill. Kemampuan tersebutlah yang dimiliki oleh Ani Pinem. Hal tersebut dapat kita lihat dari keseharian Ani Pinem melalui salah satu laman social medianya yaitu Instagram.

Akun instagram dengan username (@aninatalia74) milik Ani Pinem tersebut memiliki cukup banyak followers yaitu 12,9rb followers. Ani Pinem menggunakan akun instagramnya sebagai wadah untuk personal branding dirinya sebagai seorang public relations. Pada laman bio instagramnya juga dicantumkan beberapa hal yang ia geluti seperti pekerjaan serta pembicara aktif pada sebuah assosiasi Wanita Indonesia yaitu (@srikandi_mixmarriage)

Ani Pinem juga aktif membagikan aktivitas kesehariannya pada akun instagram tersebut, baik itu pada feeds ataupun instagram story. Hal tersebut juga terlihat dari jumlah postingan instagramnya yaitu 1.636 postingan yang berisi berbagai kegiatan sehari-hari yang ia bagikan.

Ibu dari tiga orang anak ini juga aktif membagikan cerita kesehariannya bersama keluarga tercinta, Bersama suami, anak, keluarga besar, serta bersama teman-temannya. Dan salah satu saudara kandung Ani Pinem juga merupakan aktris ternama Indonesia yaitu Ana Pinem.

Ani Pinem juga aktif mengikuti berbagai acara, dan ia juga sering menjadi pembicara sebuah seminar. Hal tersebut terlihat dari banyaknya postingan berbagai poster acara yang ia ikuti. Ani Pinem benar-benar menjadikan social media Instagram sebagai tempat untuk ia mengekspresikan diri serta mem-branding dirinya sebagai seorang Public Relations.

Nah, menurut saya sebagai penulis, sudah sebaiknya kita berkaca dari cara kak Ani Pinem ini dalam memanfaatkan social medianya sebagai tempat untuk personal branding. Karena membangun personal branding tersebut sangat bermanfaat apalagi untuk menambah relasi yang lebih luas. Terutama bagi kalian yang berkecimpung di dunia Public Relations sudah seharusnya memiliki relasi yang luas dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, yaitu social media.

Penulis : Berliana Agesti (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)


Komentar