ANALISA WEBSITE
“Garuda Indonesia”
https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index

(13/10) : Website dari Garuda Indonesia menggunakan warna biru sebagai warna tampilannya yang menggambarkan warna langit. baik. Pada homepage web nya selalu menggambarkan tawaran terkait perusahaannya dan pada tanggal 13 ini karena masi beberapa hari dari diskon 10.10 sehingga tawaran yang diberikan juga berkaitan dengan diskon 10.10.

(14/10) : Untuk bagian halaman depan masih sama seperti tampilan pada hari sebelumnya. Namun,  saya melihat pada halaman depan disamping kiri atas web Garuda Indonesia juga terdapat bagian berita yang berisi terkait press release dari Garuda Indonesia. Namun, menurut saya pada bagian halaman berita ini kurang menarik dikarenakan memakai foto berita yang sama hampir Sebagian besar berita.

(15/10) : Pada hari ini, tampilan depan sudah berubah dari penawaran diskon 10.10 menjadi TGIF Deals yang merupakan potongan harga hemat yang hanya ada dihari jumat ini.

(16/10) : Dengan berganti hari dari jumat ke sabtu, maka tampilan hompage website yang sebelumnya “TGIF” sudah berganti menjadi penawaran lain yaitu berubah menjadi paket liburan ke Labuan Bajo.

(17/10) : Untuk Informasi homepage masi sama seperti sebelumnya yaitu paket liburan labuan bajo. Sehingga, saya memperhatikan informasi lain dari website Garuda Indonesia ini yaitu terdapat fitur “JOURNEY” yang berisikan segala macam informasi yang ‘mungkin’ akan diperlukan oleh konsumennya.

(18/10) : Saat yang memantau website tanggal 18 oktober, tidak terjadi perubahan pada homepage web Garuda Indonesia, mereka masih memberikan penawaran yang sama. Lalu, saya beralih kepada fitur lain dari web ini yaitu bagian “DESTINASI”. Bagian destinasi tersebut berisi berbagai informasi liburan yang ada pada berbagai kota di Indonesia, mulai dari penginapan, kuliner, tempat wisata, dan tentunya terkait harga tiket pesawat yang merupakan jasa utama dari Garuda Indonesia.

(19/10) :  Saya menganalisa fitur lain yang ada pada web Garuda Indonesia ini. yaitu terdapat fitur penawaran yang berisi tentang berbagai layanan penawaran yang diberikan oleh Garuda Indonesia.

ANALISA WEBSITE

    Setelah memantau website dari Garuda Indonesia saya melihat beberapa hal yang menarik yang disajikan oleh website perusahaan ini. Sebelum saya membahas fitur yang terdapat pada website ini. Saya akan terlebih dahulu membahas desain pada website ini. Website Garuda Indonesia menggunakan warna biru sebagai colour style dari websitenya. Seperti yang kita ketahui bahwa Garuda Indonesia memang identik dengan warna biru, karena warna biru juga melambangkan warna dari langit yang sebagai lintasan dari pesawat. Dan font style yang digunakan oleh website ini juga menggunakan font yang standar dan juga formal. Lalu, selanjutnya mengenai kecepatan akses website Garuda Indonesia. Selama tujuh hari dalam mengakses website ini, saya tidak menemukan kendala dalam jaringan ketika mengaksesnya. Baik itu dari awal mengunjungi website hingga ketika saya ingin mengakses berbagai fitur yang ada pada website tersebut, saya tidak terkendala jaringan akses sama sekali. Sehingga, untuk kecepatan akses website Garuda Indonesia dirancang sebaik mungkin agar pengguna website dapat menemukan informasi dengan cepat dan mudah.

    Selanjutnya yang akan saya analisa adalah homepage serta fitur-fitur yang ada pada website Garuda Indonesia tersebut. Saat pertama kali kita mengunjungi sebuah website, pastinya hal utama yang akan kita lihat adalah homepage pada website tersebut. Homepage website Garuda Indonesia berisikan sebuah tawaran-tawaran terbaik yang diberikan dihari ketika pelanggan mengakses website tersebut. Begitupun saat saya pertama kali mengakses website ini untuk dianalisa, hal yang pertama kali saya lihat adalah tawaran diskon 10.10 Garuda Indonesia, karena kebetulan saya mengaksesnya ditanggal 13 oktober yang berarti untuk masih H+3 setelah 10.10 berlalu. Lalu, begitupun dihari-hari berikutnya homepage tersebut akan berubah ketika Garuda Indonesia mempunya tawaran terbaik yang akan diinformasikan pada homepage website perusahaannya.

    Website Garuda Indonesia ini juga dilengkapi beberapa fitur menarik yang memberikan informasi kepada pengunjung jika ingin menggunakan layanan dari Garuda Indonesia. Sebelum masuk pada fitur pelayanan Garuda Indonesia, pada hari kedua saya tertarik dengan fitur berita yang ada pada sebelah kiri atas web. Fitur berita ini berisikan berbagai macam press release terkait Garuda Indonesia. Namun, menurut saya tampilan pada laman berita tersebut kurang menarik karena menggunakan gambar berita yang hampir sama yaitu gambar dari pesawat.

    Dan yang terakhir, website ini terdapat berbagai fitur tambahan yang berisikan berbagai tawaran dan informasi yang terkait dengan layanan Garuda Indonesia. Ada fitur journey, destinasi, dan juga penawaran. Tak hanya itu, website ini juga dilengkapi dengan Garudashop dan Garudamiles yang berkemungkinan diperlukan oleh pelanggan ketika akan menggunakan layanan dari Garuda Indonesia. Yang membuat saya tertarik dengan website ini, tidak hanya memberikan informasi mengenai perjalanan. Website Garuda Indonesia ini juga memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan kegiatan liburan, seperti terdapat informasi mengenai penginapan, tempat wisata. dan juga kuliner dari berbagai tempat kota yang ada di Indonesia bahkan dunia.

Komentar

Postingan Populer